Eits, Jangan Sembarangan Membersihkan Behel Gigi

Membersihkan Behel Gigi, Jangan Sembarangan!

Butuh waktu yang sangat lama untuk meratakan gigimenggunakan behel. Rata-rata, seseorang baru bisa melepas behel gigi setelah 1 tahun. Bahkan, ada yang harus menggunakan behel gigi hingga 2 tahun.

Meratakan gigi dengan pasang behel memang cara yang paling lazim dilakukan saat ini. Namun, ada konsekuensi yang harus Anda ketahui misalnya saja rasa ngilu setelah pasang behel gigi yang akan Anda rasakan. Jika Anda memakai behel gigi, Anda harus tahu bagaimana cara membersihkan gigi.

Jangan sembarangan. Treatment yang perlu Anda lakukan jelas beda. Anda tidak bisa menggosok gigi layaknya gigi tidak berbehel. Tidak seperti itu. Sementara itu, jika Anda tidak membersihkan gigi, maka gigi akan menguning.

Anda harus ingat. Butuh waktu berbulan-bulan untuk meratakan gigidengan behel. Selama itu pula Anda harus membersihkan gigi dengan cara yang tepat.

Siapkan Sikat dan Pasta Gigi Khusus

Hal yang tetap harus Anda lakukan adalah menggosok gigi. Hanya saja, bukan sikat dan pasta gigi biasa yang sebaiknya Anda gunakan.

Sangat disarankan agar Anda ganti sikat dengan yang memiliki bulu yang sangat lembut. Ini akan membuat bulu sikat gigi bisa masuk ke sela behel gigi. Sehingga sisi makanan yang berada di sana bisa dibersihkan dengan sempurna.

Siapkan Sikat dan Pasta Gigi Khusus
Foto : Hipwee

Sementara itu, pasta gigi yang sebaiknya Anda gunakan adalah pasta gigi yang mengandung fluoride yang cukup tinggi. Gigi behel lebih berpotensi menguning daripada gigi yang tidak berbehel. Maka dari itu, sebaiknya Anda pilih pasta gigi yang kandungan fluoride nya tinggi.

Usahakan Anda sikat gigi sesering mungkin. Setidaknya 3 kali sehari. Yaitu di pagi, malam, dan setelah makan siang.

Berkumur-Kumur dengan Air Garam

Agar gigi tidak menguning selama gigi Anda dipasang behel gigi, berkumurlah dengan air garam. Air garam mampu mengurangi potensi gigi menjadi kuning.

Berkumur dengan Air Garam
Foto : Liputan6

Selain itu, air garam juga akan membersihkan mulit dari bakteri yang berpotensi menyebabkan iritasi. Dan menurut para ahli, air garam ini pula bisa mengurangi rasa nyeri yang muncul karena gigi mulai tertarik atau terdorong oleh behel

Berkumurlah dengan air garam dua kali setiap hari, yaitu di pagi dan di malam hari. Anda akan merasakan manfaatnya, terutama berkurangnya rasa nyeri.

Tooth Floss

Memang jarang sekali orang yang menerapkan tooth floss. Ini teknik membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Cara ini perlu dilakukan karena sikat gigi saja tidak bisa menjangka sisa makanan yang ada di sela-sela gigi.

Tooth Floss
Tooth Floss, Cara Membersihkan setelah Pasang Behel Gigi. Foto : fitnessformen.co.id

Apalagi jika ada sisa makanan yang menempel di sela gigi dan kawat. Jelas sekali sikat gigi tidak akan mampu menjangkaunya. Oleh sebab itu, gunakan tooth floss secara rutin jika ingin memastikan gigi Anda bersih.

Selain menerapkan beberapa cara tersebut, sebaiknya juga Anda hindari makanan yang bisa meninggalkan sisa pada gigi. Contohnya saja kerupuk. Atau makanan yang mudah menempel seperti coklat.

Memang ada hal yang serius untuk Anda perhatikan jika Anda inign merapikan gigidengan behel. Anda harus melakukan banyak hal. Bahkan, bisa saja Anda harus merubah kebiasaan yang setiap hari Anda lakukan.

Jika Anda tidak ingin repot, Anda bisa menggunakan produk RATA. Ini produk yang fungsinya sama dengan behel gigi, yaitu meneken gigi agar rata. Hanya saja, produk mudah dipasang dan juga mudah dilepas. Jadi, jika Anda ingin membersihkan gigi, Anda bisa lepas produk clear aligner dari RATA.id ini.

Selain itu, bahan yang digunakan pun beda. Bukan kawat yang menjadi bahan pembuat produk clear aligner RATA ini melainkan plastik. Selain itu, ada teknologi AI atau Artificial Intelligence yang membuat Anda tahu berapa waktu yang dibutuhkan untuk meratakan gigi dengan alat ini.

Bukankah ini lebih menarik daripada behel gigi?

2 thoughts on “Eits, Jangan Sembarangan Membersihkan Behel Gigi”

  1. Pingback: Penting! Ketahui Persiapan Sebelum Pasang Behel Gigi

Leave a Reply