Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung?

telapak tangan berkeringat

Pernahkah Anda mendengar mengenai salah satu gejala penyakit jantung adalah telapak tangan yang sering berkeringat? Atau jangan-jangan, Anda pernah mengajukan Allianz klaim asuransi kesehatan Anda untuk memeriksakan kondisi jantung karena masalah tersebut?

Yap, informasi tersebut memang cukup banyak beredar di masyarakat dan seringkali membuat orang yang mengalaminya ketakutan. Bagaimana tidak, penyakit jantung adalah salah satu silent killer dan menjadi salah satu penyebab kematian mendadak terbanyak di seluruh dunia. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kepercayaan mengenai hubungan keringat pada telapak tangan dengan penyakit jantung hanyalah mitos.

Menurut situs alodokter, keringat berlebih yang keluar pada telapak tangan sebenarnya adalah hal yang wajar jika jumlahnya tidak berlebihan. Namun, ketika jumlahnya berlebihan sekalipun, para ahli kesehatan menyatakan bahwa ini bukanlah pertanda Anda menderita suatu penyakit tertentu. Meskipun begitu, mereka juga belum mengetahui penyebab hal tersebut bisa terjadi. Hanya saja, mereka berasumsi bahwa keringat pada telapak tangan bisa terjadi akibat adanya gangguan pada sistem saraf.

Gangguan ini bukan berarti karena penyakit tertentu, melainkan karena adanya reaksi akibat psikologis seperti emosional, cemas, gugup, takut, dan sebagainya. Atau bisa juga karena cuaca panas atau mengonsumsi makanan pedas. Semua hal tersebut akan menyebabkan saraf bereaksi secara berlebihan hingga menyebabkan munculnya banyak keringat.

Namun, ada juga yang memang sering mengalami masalah ini karena faktor keturunan. Artinya, jika orangtua Anda memiliki masalah telapak tangan mudah berkeringat, maka mungkin saja Anda akan mengalaminya juga. Nah, jika Anda mengalami masalah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Jika kondisinya tidak terlalu parah dan Anda merasa masih belum mengganggu aktivitas Anda, maka Anda tidak perlu melakukan apapun. Namun, ada baiknya jika Anda membawa sapu tangan atau tisu untuk mengelap telapak tangan Anda sesekali.
  • Jika kondisinya cukup parah dan mulai terasa mengganggu, ada baiknya jika Anda mengatasinya dengan berkonsultasi pada dokter. Nanti dokter akan memberikan cara pengobatan yang terbaik untuk kondisi Anda.

Nah, setelah membaca artikel ini, jangan panik lagi ya jika telapak tangan Anda berkeringat. (Vita)

Leave a Reply