Tips Memilih Paket Asuransi Kesehatan untuk Karyawan di Perusahaan Anda

Setiap karyawan yang bekerja di perusahaan, tentu memiliki banyak harapan terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Mulai dari gaji pokok, tunjangan, bonus hingga jenjang karir yang menjanjikan. Salah satu tunjangan yang menjadi prioritas dan dibutuhkan oleh setiap karyawan adalah tunjangan kesehatan.

Perusahaan dapat memberikan tunjangan kesehatan dalam bentuk asuransi kepada setiap karyawannya. Menurut allbusiness.com, selain dari waktu cuti yang dibayar, karyawan menganggap asuransi kesehatan adalah manfaat paling penting yang dapat ditawarkan perusahaan. Asuransi kesehatan bisa memudahkan proses pengobatan dan perawatan jika karyawan jatuh sakit. Selain itu, asuransi kesehatan juga memberikan jaminan perlindungan untuk kondisi keuangan karyawan ketika berobat.

Keputusan untuk memilih paket asuransi kesehatan untuk karyawan bukanlah hal yang mudah. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam membuat keputusan:

Perlukah asuransi kesehatan swasta setelah memiliki BPJS Kesehatan?

  • Program BPJS Kesehatan wajib diikuti oleh seluruh penduduk Indonesia berdasarkan UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS Kesehatan memiliki keunggulan premi murah dengan manfaat lengkap tanpa syarat pre-exisiting condition, Jadi, semua tagihan rumah sakit akan dijamin oleh BPJS selama mengikuti prosedur dan kelas kamar. Disisi lain, pengguna BPJS juga harus siap dengan memberikan ekstra waktu lebih untuk mengurus rujukan berjenjang dari fasilitas kesehatan tingkat I (faskes) karena tidak bisa langsung ke rumah sakit.
  • Baik BPJS maupun asuransi swasta tentu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya, akan tetapi asuransi kesehatan swasta Hampir semua rumah sakit milik pemerintah dan swasta menerima asuransi kesehatan. Selain itu, biaya premi bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Beberapa asuransi kesehatan juga memberikan manfaat asuransi jiwa bagi pesertanya. Pengobatan di semua rumah sakit pada dasarnya diterima oleh asuransi, baik itu dengan sistem klaim cashless dan sistem klaim reimburse.
Memilih Paket Asuransi untuk Karyawan
Sumber : Google Image

Dari perbandingan mendasar tersebut di atas, idealnya adalah memiliki BPJS dan asuransi kesehatan karena keduanya memiliki kelebihan sendiri dan saling melengkapi. Merupakan manfaat yang sangat bernilai bagi karyawan jika perusahaan Anda dapat memberikan Asuransi Kesehatan dengan alasan kecepatan, kemudahan dan fleksibilitas dalam proses berobat.

Kemudian, pastikan Anda mengambil paket asuransi kesehatan yang bisa double claim. Jadi, walaupun perusahaan Anda menggunakan BPJS, perusahaan asuransi tetap akan membayarkan biaya klaim. Sebaliknya, BPJS kesehatan tidak menerapkan sistem klaim, misalnya ketika karyawan Anda sakit dan membayar dengan asuransi kesehatan perusahaan, maka karyawan Anda tidak bisa melakukan klaim pada BPJS kesehatan.

Cashless atau Reimburse

Ada beberapa jenis pilihan klaim dari produk asuransi kesehatan swasta. Umumnya, ada 2 sistem klaim asuransi kesehatan yang perlu diketahui oleh setiap perusahaan yakni sistem cashless dan reimburse.

  • Sistem cashless adalah yang disarankan karena karyawan Anda Cukup dengan menunjukkan kartua suransi untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit.
  • Sementara itu, sistem reimburse mengharuskan karyawan untuk mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk membayar layanan kesehatan baru mendapatkan penggantian setelah mengajukan

Jaringan rumah sakit luas

Pastikan Anda memilih produk asuransi kesehatan swasta dengan jaringan rumah sakit penyedia yang luas, terutama yang paling mudah diakses baik dari lokasi kantor, maupun dari area tempat tinggal karyawan. Hal ini penting untuk memudahkan ketika mendadak ada karyawan yang membutuhkan perawatan di rumah sakit. 

Jasa broker asuransi

Anda dapat menggunakan perusahaan broker asuransi untuk membantu dalam mendapatkan paket asuransi kesehatan yang tepat bagi karyawan Anda. Peran broker asuransi dapat memberikan pelayanan yang sangat menguntungkan perusahaan, dari analisa program tunjangan kesehatan yang dimiliki dan identifikasi masalah, rekomendasi paket program kesehatan yang dibutuhkan, hingga membantu dalam proses klaim asuransi. Bahkan, biaya premi pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya dan waktu untuk mencari produk asuransi yang tepat untuk melindungi karyawan Anda.

Kebutuhan atas asuransi memang penting sebagai bagi anda dari manfaat yang diberikan untuk karyawan Anda. Jangan mengambil tindakan yang terburu-buru dalam membeli produk asuransi kesehatan. Pelajari dan bandingkan sebelum memutuskan membeli. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan produk asuransi kesehatan yang tepat sesuai kebutuhan karyawan dan perusahaanAnda.

1 thought on “Tips Memilih Paket Asuransi Kesehatan untuk Karyawan di Perusahaan Anda”

Leave a Reply