Ini Manfaat Jus Apel Bagi Kesehatan

Manfaat Jus Apel Bagi Kesehatan

Saat kamu pergi ke pusat oleh oleh Malang, pasti kamu akan menemukan beragam olahan dari buah apel. Seperti cuka apel, pie apel, dan yang pastinya tidak ketinggalan adalah jus apel. Kamu bisa membelinya dalam bentuk kemasan botol atau terkadang ada yang menyediakan jus segar yang akan dibuat langsung saat ada pembeli.

Namun, mengingat kamu bisa menemukan beragam jenis apel di mana saja, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Apalagi, ternyata mengonsumsi jus apel secara rutin juga bisa bermanfaat untuk kesehatanmu, loh! Apa sajakah manfaatnya? Berikut ini di antaranya yang dilansir dari situs Healthline:

Memenuhi Kebutuhan Cairan

Jus apel mengandung 88% cairan sehingga mudah untuk dikonsumsi dan dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, khususnya saat kamu menderita suatu penyakit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, anak kondisi dehidrasi ringan dengan diare dan muntah memiliki kemungkinan 6,5% lebih kecil untuk membutuhkan cairan dalam bentuk infus jika diberikan jus apel dibandingkan dengan pemberian obat cairan elektrolit.

Namun, dalam kondisi diare yang parah, kamu tetap disarankan mengonsumsi obat cairan elektrolit karena jus apel mengandung hanya sedikit natrium sehingga tidak bisa menggantikan yang hilang saat sakit.

Mengandung Senyawa Tumbuhan yang Baik

Apel mengandung senyawa polifenol yang berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif dan peradangan. Berdasarkan penelitian, kerusakan oksidatif dapat ditekan hingga 90 menit setelah seseorang yang dalam kondisi sehat mengonsumsi sekitar 160ml jus apel.

Namun, kandungan polifenol ini akan berkurang jika kamu mengonsumsi jus yang telah disaring dan dalam kondisi kulit yang dikupas. Sebab, polifenol paling banyak terkandung pada bagian kulit dan daging apel.

Apel
(Gambar: Pixabay)

Menjaga Kesehatan Jantung

Masih berkaitan dengan senyawa polifenol dalam apel, senyawa ini juga dapat mencegah penumpukan LDL pada arteri akibat adanya proses oksidasi. Dengan begitu risiko kamu menderita stroke dan juga terkena serangan jantung akan semakin kecil. Berdasarkan studi yang pernah dilakukan, risiko LDL teroksidasi menurun 20% ketika orang dewasa sehat mengonsumsi sekitar 375ml jus apel bening setiap hari selama 6 minggu.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas antioksidan pada seorang wanita sehat, 1 jam setelah meminum 310ml jus apel bening. Peningkatan aktivitas antioksidan ini juga membantu mencegah oksidasi pada LDL.

Melindungi Kinerja Otak

Adanya peningkatan aktivitas antioksidan akibat mengonsumsi jus apel, serta kandungan senyawa polifenol dalam jus dapat melindungi otak dari risiko kerusakan. Hal ini didasarkan pada serangkaian penelitian yang dilakukan pada tikus dengan memberikannya jus apel dengan takaran yang setara dengan takaran manusia (480ml – 720ml) setiap harinya.

Dari penelitian tersebut, didapatkan hasil bahwa tikus tersebut mampu memiliki kinerja yang baik pada tes memori berbasis labirin, mempertahankan kadar asetilkolin otak menekan peningkatan fragmen protein beta-amiloid pada otak. Namun, penelitian langsung mengenai fungsi ini pada manusia masih harus terus dilakukan.

Namun, kandungan kalori pada jus apel ini cukup tinggi, yaitu sekitar 114 dalam setiap 1 cangkir jus (240ml). Itulah sebabnya, meskipun jus ini bermanfaat tapi konsumsinya harus dibatasi. Selain itu, disarankan untuk mengonsumsi jus ini tanpa adanya campuran susu maupun gula untuk menjaga agar kadar gula tubuhmu tidak naik.

Leave a Reply