5 Hal yang Dapat Wanita Lakukan untuk Memberdayakan Wanita Lainnya

5 Hal yang Dapat Wanita Lakukan untuk Memberdayakan Wanita Lainnya

Urbanwomen. Kamu tidak harus menjadi militan untuk memberdayakan wanita lain, tetapi kamu harus proaktif tentang hal itu. Sebagai seorang wanita, kita dituntut untuk aktif saling mendukung satu sama lain. Karena dengan bersama-sama, kita akan lebih kuat dalam menyemangati satu sama lain. Berikut 5 hal yang dapat kamu lakukan sekarang untuk dapat memberdayakan wanita lainnya.

1. Ceritakan kisahmu

Cerita inspirasi dibutuhkan setiap orang untuk menambah motivasi. Kamu perlu memahami bahwa banyak orang yang menghormati dan mengagumimu. Kamu harus menempatkan dirimu pada tumpuan dan tanamkan pikiran kamu tidak sukses secara instan. Kamu bekerja keras untuk mencapai posisimu hari ini.

Ceritakan kisahmu dengan segala suka dan duka. Bicarakan tentang kemenanganmu tetapi bagikan juga kerugian serta kesalahanmu. Bersikaplah ramah dan jujur. Wanita lain perlu mengetahui ceritamu, sehingga mereka bisa menghilangkan dongeng tentang kuda putih di benak mereka.

Ketika wanita lain melihat jalan yang kamu lalui dengan mereka, mereka akan mulai percaya bahwa mereka memiliki kekuatan untuk mencapai tujuan mereka.

2. Bela wanita lain

Jika kamu melihat diskriminasi atau ada hal yang tidak setara, langsung tegur. Jangan hanya menunjukkan, menjelaskan mengapa itu tidak seimbang, dan konsekuensi apa yang akan ditimbulkan.

Misalkan, ketika kamu melihat ada rekan kerjamu yang tidak berhasil mendapatkan promosi hanya karena dia wanita, kamu bisa langsung menanyakan faktor apa saja yang membuat temanmu itu gagal. Namun, ingat jangan tinggalkan fokus pada hal negatif.

Alih-alih tawarkan alternatif yang lebih baik apakah itu teman wanitamu dapat melakukan pekerjaan atau perubahan pada sistem agar menjadi lebih adil. Terkadang dibutuhkan seseorang untuk membuka mata orang lain untuk dapat melihat bias di sekitarnya.

Namun, ingat jangan tinggalkan fokus pada hal negatif. Alih-alih tawarkan alternatif yang lebih baik apakah itu teman wanitamu dapat melakukan pekerjaan atau perubahan pada sistem agar menjadi lebih adil. Terkadang dibutuhkan seseorang untuk membuka mata orang lain untuk dapat melihat bias di sekitarnya.

3. Bagikan peluang

Kita perlu bekerja sama untuk mempromosikan diri kita sendiri. Jika kamu memiliki peran kepemimpinan atau eksekutif, cari wanita yang akan mendapatkan keuntungan dari peluang yang akan datang dan rekomendasikan mereka.

Advokasikan wanita dengan pembuat keputusan. Kamu tidak harus menjadi pemimpin untuk mendengar tentang peluang baru. Jika kamu mengenal rekan kerja wanita yang akan cocok dengan kesempatan tersebut, beritahu mereka tentang hal itu. Buatlah komunikasi yang terbuka antar rekan wanita.

4. Doronglah wanita lain

Kita pasti pernah ada di posisi ragu, mempertanyakan tentang diri kita sendiri dan membiarkan kurangnya kepercayaan diri menahan kita. Jauh lebih mudah bagimu untuk menemukan potensi pada wanita lain daripada melihatnya dalam dirinya sendiri.

Dorong wanita lain untuk mengangkat tangan mereka untuk peluang baru, untuk mengajukan promosi, untuk meminta pelatihan, untuk mencari mentor. Genggam tangan wanita lain ketika dia menginginkan keberanian, beri dia dorongan ketika dia membutuhkan, dan terus ingatkan dia tentang bakat dan kemampuannya.

Ada banyak orang yang merasa mudah untuk menjatuhkan orang lain. Kita perlu menjadi orang untuk membantu mereka mendaki.

5. Bangun networking

Carilah wanita yang positif, memberi semangat, kuat, dan bertekad untuk membantu wanita lain sukses. Ada kekuatan dalam jumlah, terutama kekuatan emosional yang kamu perlukan pada tahap tertentu untuk membantumu membela diri sendiri dan wanita lain.

Bangun networking yang kuat baik di tempat kerja maupun di luar dan tetaplah berhubungan. Kamu membutuhkan satu sama lain.

Lima hal di atas dapat kamu lakukan untuk memberdayakan wanita lainnya dan saling dukung antar sesama wanita. Berbagi kisah cerita inspiratif dapat kamu lakukan di lewat artikel di portal informasi wanita di Indonesia urbanwomen.org. Yuk, mulai berbagi kisah!

Leave a Reply