Cara Cari Dana Sekolah untuk Event Kegiatan Skala Besar

Cari Dana Event

Cari dana sekolah terkadang dibutuhkan untuk mendanai kegiatan besar. Mencarinya juga menjadi tantangan tersendiri. Terlebih, belum ada koneksi yang mumpuni untuk mendukung pendanaan dari kegiatan sekolah. Mau tidak mau, pihak sekolah harus mencari sponsor dari luar. Pihak sekolah perlu melakukan upaya semaksimal mungkin untuk meyakinkan setiap calon sponsor.

Ide Kreatif Cari Dana Sekolah untuk Event

Untuk meyakinkannya, ide-ide kreatif dibutuhkan. Ide tidak biasa namun mampu menarik minat sponsor perlu diaplikasikan. Jika kamu masih bingung tentang idenya, mari simak beberapa ide untuk mencari dana sponsor untuk event sekolahmu di bawah ini.

1. Kampanye Penggalangan Dana di Media Sosial

Zaman serba internet, kamu seharusnya mulai memanfaatkan kemudahan tersebut. Mengampanyekan kegiatan untuk penggalangan dana melalui media sosial sebaiknya dipertimbangkan.

Kenapa? Alasannya berkaitan dengan kemudahan orang dalam menemukan informasi tersebut. Menariknya, calon sponsor dari mana pun dapat menemukannya. Artinya, jangkauannya lebih luas sehingga memudahkan kamu untuk memperoleh pendanaan.

penggalangan dana via sosmed
Ilustrasi volunteer melakukan penggalangan dana via sosmed atau online. Gambar: Freepik/@krakenimages.com

Kamu bisa membagikan berbagai kegiatan yang sedang dijalankan. Sembari itu, kamu juga bisa mengajak masyarakat untuk mendonasikan sejumlah uang untuk kegiatan tersebut. Selain itu, kamu pun bisa memanfaatkan bantuan dari influencer. Setidaknya, influencer inilah yang akan membantu dalam mempromosikan kegiatan pencarian dana tersebut.

2. Gabung Komunitas

Cara lain untuk cari dana sekolah demi mendapatkan sponsor ialah dengan gabung komunitas. Tentunya, komunitas yang dimaksud adalah komunitas yang biasa mempertemukan pembuat event dengan sponsor. Sederhananya, komunitas ini menjadi perantara bagi kamu dan calon sponsor. Perantara ini bakalan sangat membantu.

Baca Juga:   Tips Memilih Paket Asuransi Kesehatan untuk Karyawan di Perusahaan Anda

Biasanya, komunitas ini tidak hanya membantumu dalam mempertemukan calon sponsor saja. Tetapi, komunitas ini juga akan membantu kamu dalam mengemas sebuah event. Bimbingan dan arahan dari komunitas ini akan membuat kamu lebih mudah dalam meyakinkan calon sponsor. Karena, kamu bisa menata seluruh acara secara meyakinkan dan terkesan profesional.

komunitas fundraising
Ilustrasi Join Komunitas untuk Galang Dana. Gambar: Freepik/@partystock

Sebelum menjalankannya, kamu juga harus mencari tahu mengenai penawaran yang diberikan di dalamnya. Misalnya biaya jasa yang berkaitan dengan bimbingan.

3. Jualan Karya dan Barang Bekas

Ide untuk menggalang dana sekolah lainnya adalah dengan jualan. Ide ini cukup sering dilakukan untuk mempercepat pengumpulan dana. Kamu bisa mengumpulkan beberapa siswa yang memiliki keterampilan dalam membuat sesuatu. Contohnya membuat produk daur ulang, kerajinan atau pun busana dan lain sebagainya.

jualan barang bekas untuk fundraising
Ilustrasi jualan barang bekas untuk fundraising. Gambar: Freepik

Jika sudah, kamu bisa mengumpulkan hasil karyanya. Setelah itu, kamu tinggal menjualnya di pasaran. Sembari itu, jangan lupa untuk menyertakan kata donasi. Setidaknya, orang lain yang melihat akan lebih tertarik untuk menyumbangkan uangnya tanpa berpikir panjang.

Apabila memang tidak punya produk sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang masih bisa dipakai lagi. Kamu juga bisa mengumpulkannya dari setiap siswa. Ajak siswa untuk membawa produk atau barang yang sudah tidak terpakai di rumah. Kuncinya, barang tersebut masih bisa digunakan lagi.

Prinsipnya sama. Kamu hanya perlu menjualnya lagi. Dengan catatan, harganya harus sesuai dengan kondisi produknya. Bersamaan dengan itu, kamu juga bisa menambahkan informasi terkait donasi. Siapa saja yang ingin mendonasikan uangnya untuk kegiatan sekolah, setiap orang diperbolehkan untuk melakukannya. Syaratnya, informasinya harus jelas. Yakni, jumlah uang yang ingin dicapai serta kemana uang ini akan digunakan oleh sekolah.

Baca Juga:   Mengapa BI Rate Punya Peran Besar Dalam Perekonomian di Indonesia?

4. Libatkan Siswa untuk Promo Produk secara Masive Calon Sponsor

Selain tiga cara di atas, ada neh satu cara untuk mendapatkan dana event untuk sekolahmu. Yakni dengan melibatkan seluruh siswa untuk melakukan promosi terhadap produk dari calon sponsor di akun-akun social media siswa dengan kreatif dan cara masing-masing siswa. Dengan demikian ini menjadi simbiosis muatualisme, di mana produk calon sponsor menjadi viral dan bisa berdampak pada penjualan produk tersebut.

Tentu ini membutuhkan konsep, dan ide yang harus dituangkan dalam proposal pengajuan sponsor kepada brand yang diinginkan. Untuk pembuatan proposal ini, kamu bisa neh berkonsultasi dengan team MudaBerdaya.id! Perusahaan yang berfokus pada pemberdayaan anak muda juga sebagai konsultan dalam pencarian sponsor untuk event-event sekolah dan kampus.

Event MudaBerdaya.id
Event “Razia Rambut With Gatsby” by MudaBerdaya.id dan Gatsby sukses digelar di 8 sekolah. Gambar: MudaBerdaya.id

Awal tahun 2023 lalu, MudaBerdaya sukses menggelar event bertajuk “Razia Rambut with Gatsby”. Event yang dilakukan offline ini digelar di 8 sekolah dengan durasi 1 bulan dan hasilnya cukup besar yakni 3,200 siswa laki-laki. Event ini dibuat kesan razia potong rambut menjadi tidak menakutkan, bahkan dengan suka rela siswa yang memiliki rambut panjang alias gondrong datang dan dipotong rambutnya oleh hairstylist yang dihadirkan langsung oleh Gatsby. Keren ya!

Itulah beberapa ide untuk cari dana sekolah yang dapat dilakukan. Pastikan untuk menunjukkan informasi terkait kegiatannya dengan jelas. Kemudian, mulailah untuk menggalang dana dengan mempertimbangkan legalitas dan keamanan. Dengan begitu, calon sponsor merasa yakin untuk membantu dalam pendanaan.

Leave a Reply