Mengapa BI Rate Punya Peran Besar Dalam Perekonomian di Indonesia?

Bank Indonesia

Jika Anda merupakan orang yang sering memperhatikan berita bisnis dan ekonomi, maka Anda tidak asing lagi dengan istilah BI Rate. BI rate merupakan suku bunga acuan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia. Suku bunga ini bisa menjadi acuan bagi perbankan hingga pelaku bisnis lainnya dalam menjalankan bisnisnya. Lalu, mengapa Bank Indonesia selalu mengeluarkan BI Rate secara rutin dan mengapa BI Rate bisa memberikan peran besar dalam perekonomian di Indonesia? Inilah ulasannya.

Kaitannya dengan inflasi

BI Rate dianggap punya peran besar karena berkaitan erat dengan inflasi. Seperti yang kita ketahui, perekonomian di Indonesia sangat ditentukan oleh tingkat inflasi yang terjadi setiap tahunnya. Hal ini membuat BI Rate yang dikeluarkan perlu disesuaikan dengan inflasi yang terjadi. Ketika inflasi yang dialami Indonesia tinggi, maka secara tidak langsung BI Rate juga akan berusaha meningkatkan BI rate. Tujuannya, supaya masyarakat memilih untuk tidak mengajukan kredit dan mengurangi jumlah uang yang beredar untuk sementara waktu.

BI Rate
BI Rate

Berpengaruh terhadap permintaan kredit

Permintaan kredit yang didapat bank juga akan sangat terpengaruh oleh BI Rate yang dikeluarkan Bank Indonesia. Sebab, saat BI rate naik, maka bunga yang ditawarkan oleh bank kepada peminjam juga akan meningkat. Sementara itu, saat BI rate turun, bunga yang ditawarkan kepada peminjam juga akan turun. Sehingga, permintaan kredit dari masyarakat akan sangat tergantung oleh tawaran bunga yang diberikan bank kepada para peminjam.

Pengaruhnya dalam dunia investasi

BI Rate tidak hanya berpengaruh terhadap permintaan kredit, tapi juga investasi. Ketika BI Rate naik, maka bunga yang ditawarkan oleh investasi juga akan cenderung naik. Hal ini bisa menjadi momen yang tepat untuk berinvestasi karena Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari aktivitas investasi yang dijalani. Sementara itu, saat bunga turun maka Anda bisa mengurangi aktivitas investasi dan mengalihkan uang Anda kedalam bentuk lainnya. Sehingga, bisa dibilang BI rate menjadi otak utama dibalik dunia bisnis dan investasi karena sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan seorang investor dalam berinvestasi.

1 thought on “Mengapa BI Rate Punya Peran Besar Dalam Perekonomian di Indonesia?”

Leave a Reply