Suka Mendaki Gunung? Bekal Apa Saja Yang Wajib Kamu di Bawa Saat Lapar Tiba

Suka Mendaki Gunung? Bekal Apa Saja Yang Wajib Kamu di Bawa Saat Lapar Tiba

Berlibur atau melakukan kegiatan yang menyenangkan adalah hal yang wajib dilakukan agar membuat diri jadi lebih sehat. Tak terkecuali bagi orang yang suka dengan melakukan kegiatan yang memakan banyak energi seperti mendaki gunung di nusantara. Kegiatan ini sangatlah penting dan mengambil banyak minat dari masyarakat agar lebih semangat dalam melakukannya.

Manfaat yang paling sering didapatkan adalah membuat tubuh jauh lebih kuat serta pikiran menjadi lebih jernih karena berhubungan dengan alam. Walau begitu, dalam kegiatan pendakian harus tetap mengisi perut dengan makanan yang baik saat lapar terjadi. Berbagai makanan tentunya harus disiapkan baik makanan masak atau makanan instan yang tentunya tetap menyehatkan tubuh.

Pensiapan Mendaki Gunung
Gambar: Kumparan

Bekal Saat Berada di Gunung

Dalam memilih persediaan bekal saat melakukan pendakian gunung sebenarnya ada berbagai macam variasi yang tepat. Asupan ini sangatlah penting dalam menjaga kondisi tubuh milik anda dan pengisian untuk energi pada saat proses perjalanan pendaki. Pemilihan bekal makanan yang tepat juga bisa membuat barang bawaan menjadi lebih ringkas dan ruang pada tas lebih luas.

Bila anda ingin menyusun bekal saat mendaki, berikut jenis makanan yang tepat untuk dibawa berdasarkan dari data website superadventure.co.id :

1. Sosis Daging

Jika seseorang membawa alat pemanggang yang tepat, maka baiknya menyediakan makanan satu ini pada tas anda. Dengan kandungan protein, vitamin B12, serta zat besi yang baik membuat sosis ini sangat tepat dan layak untuk dipilih. Selain itu, membawa sosis juga tidak terlalu makan tempat pada tas anda serta tidak menimbulkan sampah yang berbahaya untuk lingkungan gunung.

2. Daging rebus

Alternatif lain yang lebih baik dari sosis adalah daging rebus yang berukuran tipis pada saat pendakian. Dengan kandungan protein serta zat besi sangat baik untuk menguatkan otot pada waktu mendaki tersebut. Untuk membawa ini, anda perlu merebus dahulu secukupnya agar membuat daging bertahan lama dan tidak cepat basi. Yang terpenting juga memasak makanan ini sangat mudah dan tidak membuang banyak waktu.

Perbekalan Makanan untuk Mendaki Gunung
Gambar: Tempo

3. Madu dan Coklat

Jangan lupa juga untuk membawa cemilan, karena makanan tersebut sangat baik untuk menjadi cadangan makanan yang ada. Salah satunya bisa anda bawa madu atau coklat sachet yang mudah dibawa pada kantong atau tas anda tentunya. Banyak yang mengatakan bahwa kedua jenis cemilan ini sangat layak untuk menjadi cadangan energi serta memperkuat stamina pada seseorang.

4. Roti gandum

Bila anda butuh asupan karbohidrat yang mudah, maka roti satu ini sangat tepat untuk anda masukkan dalam tas. Biji gandum yang ada pada roti ini sangat baik karena memiliki kandungan serta, protein, vitamin B, antioksidan, dll. yang dibutuhkan seorang pendaki. Namun, roti ini hanya dibawakan yang berjenis gandum saja dan bukan yang lain.

5. Cereal Bar

Makanan cemilan yang baik juga salah satunya dari cereal bar yang praktis karena ukuran yang kecil dan mudah untuk dibuka. Kandungan sekitar 170 kalori adalah alasan mengapa cemilan ini sangat layak dan tepat sebagai makanan cemilan pendaki. Ini sangat layak untuk dikonsumsi pada saat berjalan atau ketika sedang beristirahat sebentar.

6. Tempe dan tahu

Sayuran yang cukup bertahan lama untuk dibawa mendaki adalah tempe dan tahu yang terbilang cukup praktis. Olahan sayuran ini cukup dengan digoreng saja sudah sangat enak dan hanya membutuhkan tambahan garam. Bisa juga anda merebusnya agar rasa yang didapatkan juga lebih nikmat baik dengan atau tanpa tambahan bumbu yang ada.

7. Oatmeal

Untuk satu ini tentunya anda jangan sampai tidak memasukkannya di dalam daftar makanan instan yang tepat. Sesama terbuat dari biji gandum adalah alasan makanan ini sangat tepat sebagai teman saat mendaki nantinya. Ini bisa dikonsumsi ketika anda istirahat dan ada waktu untuk memasak. Memakan makanan ini sangat layak, agar para pendaki tidak mudah lemas, lapar, dan terjadi sakit perut.

Dengan berbagai jenis makanan yang ada tersebut, maka sudah tidak sulit lagi untuk anda dalam mempersiapkan bekal saat mendaki. Itu juga membantu dalam meringkaskan barang bawaan yang anda bawa nantinya. Pastinya, dalam menyusun bekal harus tetap efektif dan sesuai dengan kebutuhan nanti pada saat waktu memasak datang.

Leave a Reply