Faktor-faktor Penentu Kualitas Pipa Air Panas Yang Berkualitas

Faktor Penentu Kualitas Pipa Air Panas Yang Berkualitas

Pemasangan pipa air panas tidak bisa dilakukan secara sembrono atau asal jadi. Sebab pertama akan membahayakan pemakainya dan sebab lainnya akan menimbulkan kerusakan yang berdampak pada hal fisik lainnya, seperti kualitas tembok atau tanah. Bisa jadi pipa yang akan mempengaruhi atau bisa jadi tanah yang akan lebih menguasai. Semua bergantung pada besaran pengaruhnya.

Pipa Air Panas untuk Shower - Rucika Kelen Green
Pipa Air Panas untuk Shower – Rucika Kelen Green. (Gambar: Dok. Rucika.co.id)

Dengan adanya penyaluran air panas secara elektrik atau otomatis akan memudahkan dan mempersingkat waktu untuk bisa menikmatinya. Sering kali kita dalam keadaan buru-buru dikejar waktu namun pagi hari yang udara dinginnya menusuk membuat kita enggan menyiksa diri untuk merasa beku oleh air. Manusia modern membutuhkan hal-hal yang serba praktis, termasuk urusan pipa air panas.

Hemat Energi

Jam kantor yang sangat pagi dan guna menghindari kemacetan dan keterlambatan membuat beberapa orang memutuskan untuk berangkat lebih pagi. Akan tetapi, timbul problem baru yakni urusan mandi di pagi buta.

Udara dingin yang menyiksa kerap membuat orang enggan untuk mandi dengan air biasa dan hanya bisa mandi dengan air hangat atau panas untuk menetralisir suhu badan. Akibatnya, dibutuhkan solusi praktis untuk mendapatkan keinginan tersebut. Salah satunya adalah saluran air panas pribadi di rumah. Tidak hanya praktis, rupanya memiliki penyaluran air panas juga dapat mengurangi pemborosan energi.

Jenis Pipa untuk Air Panas

Tips Mengantisipasi Kerusakan Pipa Sejak Dini

Apabila pemasangan pipa air saluran rumah tangga dilakukan dengan asal maka akan rentan terjadi kerusakan dan dalam proses memperbaikinya akan membutuhkan sedikit kerumitan karena harus membongkar lantai atau atap tertentu yang menjadi tempat di mana saluran pipa air tersebut dipasang.

Untuk mengatasi hal yang sangat tidak diinginkan tersebut, maka dibutuhkan pemahaman mengenai praktik dan teknis antisipasinya. Sembarang pipa akan menghasilkan sembarang air. Maka berikut adalah tips mengantisipasi hal tersebut.

  • Memahami Karakter Pipa

Maksudnya apa, yaitu kita harus mengerti mengenai definisi, spesifikasi dan fungsi kerja dari pipa air yang akan digunakan. Tidak perlu mendetail sekali, mulailah dari pipa-pipa yang umum digunakan dan dijual di pasaran. Pipa A itu bagaimana, Pipa B itu seperti apa dan seterusnya.

  • Memilih dengan Tepat

Setelah mengerti, barulah Anda memilih pipa seperti apa yang Anda butuhkan dalam instalasi pengairan rumah Anda. Pilah yang sesuai dan dapat menghasilakn panas secara optimal agar mendapatkan kualitas air dengan tingkat kalor yang optimal.

Jika Anda memilih pipa dengan suhu yang rendah kualitasnya, maka suhu air yang dihasilkan akan lama panas dan tentu hal semacam ini bisa mengganggu rutinitas aktivitas Anda sehari-hari. Bisa jadi terlalu dingin, atau terlalu panas yang kurang sesuai dengan harapan dan keinginan pribadi.

Tips Mengantisipasi Kerusakan Pipa Air Panas Sejak Dini
  • Mutu Bahan

Proses membuat panas bisa terjadi secara optimal apabila kualitas bahan yang mendasari juga bagus sehingga proses pemindahan tingkat kalor juga berjalan cepat. Salah satu cara yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan pipa yang berbahan dasar Polypropylene Random. Pipa jenis ini sudah teruji kualitasnya dalam hal stabilitas suhu.

Pipa air panas dengan tipe PP-R ini mempunyai kapabilitas menginsulasi kalor dengan sangat baik dan sempurna bahkan kualitas insulasinya menyebabkan Anda tidak usah repot melapisi baja pada sebagai konektor kalor.

Mutu pipa air panas jenis ini juga tidak perlu diragukan lagi. Sudah memiliki standar global. Air yang mengalir pun bisa dibilang matang dan aman jika dikonsumsi karena kualitas air yang dihasilkan juga lebih sehat dan aman. Salah satu produk pipa air panas yang terkenal memiliki kualitas terbaik adalah pipa air panas dari Rucika Kelen Green.

Sebagai produk pipa air panas, Rucika Kelen Green sendiri merupakan kerjasama Rucika sebagai brand pipa air terbesar di Indonesia bersama Ke Kelit yang merupakan perusahaan yang khusus produksi pipa dari Linz (Austria).

Leave a Reply