Perawatan Kebotakan Berpola Pada Pria Dan Wanita

Masalah Kebotakan Berpola Pada Pria

Rambut merupakan lambang kemaskulinan dan ketampanan bagi pria. Memiliki rambut yang menawan membuat pria merasa sangat  percaya diri. Sementara kebotakan selalu dikaitkan dengan penuaan, namun faktanya di rentang usia 34-35 seseorang sudah mengalami kebotakan. Hal ini membuat beberapa pria merasa harus melakukan perawatan kebotakan berpola untuk menjaga rambut mereka dari kebotakan. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebotakan dini pada pria sebagai berikut.

Pola Makanan Yang Sehat

Hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kebotakan dini adalah dengan mengatur pola makan. Mengkonsumsi makanan sehat sangat penting untuk kesehatan, sebaiknya hindari makanan gorengan berlebih. Diet secara sehat juga bisa mendetoksifikasi racun yang ada pada tubuh.

Rutin Untuk Mencukur Rambut

Rutin Untuk Mencukur Rambut
(Foto. Freepik/@prostooleh)

Pria yang rutin mencukur rambut atau menipiskan rambutnya nyatanya lebih terlihat segar dan lebih muda dibandingkan dengan pria yang mempunyai rambut tebal bahkan berantakan. Sehingga perawatan kebotakan berpolabisa dilakukan dengan mencukur rambut secara rutin.

Kebotakan tidak hanya menyerang pria, tetapi juga bisa dialami oleh wanita. Tetapi pada wanita, kebotakan berpola memiliki jenis yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian, 5 dari 10 wanita mengalami kebotakan di usia 50 tahun. Tetapi bisa saja terjadi pada saat masa pubertas serta menjelang dewasa. Pendek atau panjang tumbuhnya rambut ditentukan oleh sel-sel induk yang dirancang dalam setiap rambut kepala.

Wanita umumnya sangat memperhatikan kondisi rambutnya dan pasti akan menyadari jika rambut terasa renggang. Apabila kekurangan zat besi, kadar hormon yang rendah serta gizi buruk, ditambah bleaching rambut akan mempercepat kerontokan rambut. Dengan pola makan yang seimbang, mengkonsumsi makanan sehat akan memberi nutrisi untuk rambut.

Hindari penggunaan bahan kimia dalam perawatan rambut yang hanya akan merusak rambut. Untuk menghindari kerontokan, kamu bisa melindungi dengan topi pada saat di terik matahari. Kebanyakan orang akan melakukan penanaman rambut jika sudah mencoba berbagai cara untuk mencegah kerontokan.

Perawatan dan penangangan kebotakan berpola, salah satunya dengan penanaman rambut atau pemindahan rambut dari area yang lebat ke bagian yang botak kebanyakan cukup efektif. Dalam proses penanaman rambut dilakukan secara bertahap dengan jeda sembilan bulan sampai satu tahun di antara beberapa operasinya.

Kebotakan umumnya diawali dengan penipisan rambut yang terjadi di puncak kepala dan akan mengakibatkan mundurnya garis rambut. Kebotakan yang terjadi pada wanita tidak mudah dikenali, bila dibanding dengan pria. Karena disebabkan adanya ketidakseimbangan hormone yang terdapat pada pori-pori kulit. Rambut yang tumbuh akan mengecil karena pori-pori tersumbat.

Mencegah Rambut Rontok

Untuk perawatan kebotakan berpola yang lebih parah, kamu harus menghindari produk-produk styling rambut serta peralatannya. Karena kebotakan akan sangat mengganggu penampilan, maka harus mengetahui cara mengatasi masalah tersebut.

Rambut Rontok
(Foto. Freepik/@spukkato)

Apabila kamu bisa mengetahui faktor yang bisa memicu kerontokan, tentunya akan bisa mengetahui cara untuk mencegahnya. Jangan melakukan creambath apabila mengalami kerontokan yang parah, karena hanya akan menimbulkan  trauma pada kulit kepala. Kamu bisa menggosok rambut dengan handuk yang lembut setelah keramas.

Saat ini sudah ada ratusan produk yang mengklaim bisa mengobati kerontokan rambut secara efektif, tetapi belum terbukti hasilnya. Padahal kebanyakan penyebab rambut rontok akibat penggunaan bahan kimia seperti kondisioner, sampo serta produk lainnya.

Kamu juga bisa berkonsultasi dengan sebuah layanan konsultasi sebelum menggunakan produk atau obat-obatan. Dan SOZOMEN adalah solusi yang tepat untuk mendapatkan layanan konsultasi dengan aman, mudah, dan efektif.

Leave a Reply