Tak Hanya Beras Putih, Ternyata Ada 4 Jenis Beras Lain yang Lebih Bergizi Lho!

Tak Hanya Beras Putih, Ternyata Ada 4 Jenis Beras Lain yang Lebih Bergizi

Seenak apapun makanannya pasti akan terasa kurang jika saat kita ingin memakannya tak ada seporsi nasi hangat. Karena harganya relatif lebih murah dan bersahabat, para masyarakat di Indonesia sendiri lebih memilih beras putih. Tapi apakah kamu tahu di pasaran nggak cuma beras putih saja, melainkan ada jenis beras yang bisa kamu temukan, lho. Apa saja sih jenis berasnya dan kira-kira mana jenis beras yang lebih sehat? Yuk, langsung cek daftarnya di bawah ini!

1.Beras Putih

Beras Putih
Sumber : sfidn.com

Karena lebih cepat dan mudah dicerna, beras putih ini menjadi pemuas perut. Oleh sebab itu, tak heran jika berat badan seseorang bisa bertambah begitu cepatnya ketika mengkonsumsi beras putih. Karena beras putih mengalami proses penggilingan dan membuat kulitnya terbuang, menjadikan kandungan gizi pada beras ini semakin berkurang. Tak hanya satu, melainkan beras putih ini punya 3 jenis yang bisa kamu bedakan melalui bulirnya, yaitu bulir panjang, sedang hingga pendek.

Baca Juga: Tips dan Resep Sederhana Membuat Pizza Enak

2. Beras Merah

Beras Merah
Sumber : hot.liputan6.com

Karena dipercaya dapat menjaga berat badan, beras jenis ini tak kalah populernya dengan beras putih. Beras merah ini punya kandungan kalori yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan beras putih. Selain itu, saat kita memakan beras ini akan terasa lebih cepat kenyang karena kandungan seratnya pun cukup tinggi jika dibandingkan beras putih. Di dalam beras ini terdapat kandungan vitamin B6 dan zat besi. Beras ini juga cocok dikonsumsi oleh pengidap penyakit diabetes karena kadar gula yang dimilikinya lebih rendah.

3. Beras Coklat

Beras Coklat
Sumber : merdeka.com

Buat kamu yang ingin diet atau ingin tetap menjaga berat badan, jenis beras cokelat ini cocok banget untuk dikonsumsi. Para penderita diabetes dan risiko penyakit jantung sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi beras merah dan coklat ini. Meskipun mengalami proses penggilingan, tetapi hal tersebut hanya bertujuan untuk menghilangkan lapisan luarnya saja sehingga gizi yang ada di dalam beras cokelat ini tidak terlalu berkurang. Selain dari warna tekstur pada beras cokelat ini pun lebih keras ketika di masak.

4. Beras Hitam

Beras Hitam
Sumber : doktersehat.com

Beras hitam ini sangat sulit ditemukan di Indonesia. Warna beras ini pun tak selamanya hitam, karena ketika dimasak warna hitam itu akan luntur dan berubah menjadi ungu. Beras hitam memiliki warna yang lebih mengkilap jika dibandingkan jenis beras lainnya, selain itu ukuran yang dimilikinya pun lebih panjang dan juga langsing. Karena memiliki kandungan gizi yang sangat baik tak heran jika beras ini memiliki harga paling mahal dibanding jenis beras lainnya.

Beras hitam cocok untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas hingga memperbaiki kerusakan berkat kandungan vitamin E yang tinggi. Beras hitam memiliki kandungan 20,1 gram serat / 100 gramnya. Selain itu pada 100 gram beras ini juga terdapat kandungan 7 gram protein dan juga 1,8 gram zat besi.

Nah, itulah 4 jenis beras yang ada di dunia ini. Memang jenis beras hitam menjadi yang terbaik, tetapi bukan berarti kamu harus menggantinya bukan. Bisa saja kamu mengurangi asupan beras putih. Kalau ingin lebih hemat lagi kamu bisa kok membeli 3 jenis beras lain dan campurkan saja dengan beras putih, jadi tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam pastinya kandungan serat kamu akan tetap terjaga.

So, mana nih jenis beras yang paling kamu suka?

Leave a Reply